para peserta sedang mengikuti praktik langsung cara penulisandi website desa. foto oleh Zaenal Muttaqin

para peserta sedang mengikuti praktik langsung cara penulisan di website desa. foto oleh Zaenal Muttaqin

Rabu (31/01), Desa Mendelem yang diwakili oleh Esti Setiasih sebagai Admin Desa mengikuti acara Pelatihan Optimalisasi Website Desa di Ruang Sekretariat PKK Kec. Belik. Pelatihan ini juga dihadiri oleh perwakilan DINPERMASDES Kabupaten Pemalang beserta tim PUSPINDES.

Acara tersebut dimulai pukul 09:00 WIB , dibuka oleh Sri Mulyati selaku Kasi PMD Kec. Belik dan dilanjutkan pengarahan oleh Indarto selaku PID DINPERMASDES Kabupaten Pemalang . Selanjutnya masuk ke acara inti selanjutnya dilanjutkan oleh tim dari PUSPINDES sebagai mentor atau pengisi materi jurnalisme warga (Citizen Journalisme).

Pelatihan ini dijadwalkan dihadiri oleh 6 Desa namun yang hadir pada pagi hari itu hanya 5 Desa satu Desa yang tidak hadir tersebut Gunung Jaya. Adapun kelima Desa yang hadir pada pagi hari itu, yaitu :

  1. Gombong
  2. Mendelem
  3. Simpur
  4. Kalisaleh
  5. kuta

Indarto mengatakan bahwa program ini merupakan tindak lanjut atas instruksi Gubernur Jawa Tengah dan juga menjadi salah satu persyaratan untuk pencairan Dana BKKD

 Gubernur (sudah menginstruksikan agar semua desa memiliki website dan kepada Admin Desa untuk mengelolanya” ujar Indarto dari DINPERMASDES Kabupaten Pemalang”)

” Selain itu keaktifan dalam mengaktifkan sistem informasi Desa juga menjadi salah satu persyaratan pencairan Dana BKKD dalam tahun 2018  ini .

Untuk diketahui bahwa program optimalisasi Website desa ini sudah berlangsung 12 kali, dimana diselenggarakan pertama kali pada senin (15/01) di Kecamatan Pemalang. Program ini menyasar Desa desa yang belum aktif dikelola.

Dikabupaten Pemalang sendiri setiap tahunya juga diadakan lomba website desa yang tahun ini menginjak kali ke 3. Ivent tersebut disenggarakan sebagai bentuk apresiasi kepada Admin Desa yang sudah aktif menggelola website desanya dan aktif menyampaikan informasi pada masyarakat

Kategori: Berita

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *